Bayar Zakat

Sempurnakan Puasamu Dengan Zakat Fitrah

Setiap zakatmu yang ditunaikan melalui kami, akan membantu Para santri Penghafal Al-Qur’an dan ribuan Masyarakat yang membutuhkan.

Apa Itu Zakat Fitrah ?

Zakat fitrah adalah kewajiban zakat tahunan bagi setiap Muslim yang mampu, yang harus dibayarkan pada bulan Ramadan atau sebelum Idul Fitri. Jumlahnya biasanya ditentukan berdasarkan jenis makanan pokok dan diberikan kepada fakir miskin atau yang membutuhkan. Tujuannya adalah membersihkan diri dan harta dari kejelekan serta membantu mereka yang kurang mampu merayakan Idul Fitri secara layak.

 

Kenapa Harus Melalui Kami?

Sejak tahun 2016 Yayasan Alfatihah telah hadir untuk menjadi jembatan kebaikan umat. Sistem yang transparan dan akuntable menjadi keunggulan dari seluruh program yang dihadirkan. Donatur seluruh program akan mendapatkan laporan update program, dokumentasi penyaluran sesuai akad, dan penyaluran yang tepat untuk 8 asnaf adalah hal yang akan dirasakan oleh donatur yang beramal melalui program Yayasan Alfatihah.. Hingga saat ini sudah lebih dari 1000 penerima manfaat. Donatur juga telah ikut memajukan perekonomian bangsa dan akan didoakan oleh para santri penghafal Quran serta ratusan anak yatim binaan Alfatihah.

Sesuai Akad

Akad Yang Baik Harus DIsediakan Wadah Yang Sesuai Juga Sah

Terpercaya

Semua Menjadi Lebih Baik Dengan Kepercayaan & Kejujuran Bersama

Resmi

Legalitas Merupakan Acuan Dasar Untuk Kami Tetap Eksis Bagi Umat

Akuntable

Pembukuan Jelas Serta Penghitungan Akurat Menjadi Komitmen Kami

Pertanyaan Seputar Zakat Fitrah

Zakat fitrah dibayarkan dalam bentuk beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. jika berhalangan membayar dalam bentuk beras atau makanan pokok lainnya, selain itu juga bisa ditunaikan dalam bentuk uang, setara Rp. 45.000.

  • Saat matahri terbenam di hari terakhir Ramadhan menuju Idul Fitri.

  • Setelah Subuh dan sebelum shalat Idul Fitri dilakukan.

  • Pada awal bulan Ramadhan sampai hari terakhir Ramadhan

Selain Islam dan merdeka, yang merupakan syarat wajib mengeluarkan zakat fitrah yaitu mampu. Setiap muslim yang memiliki satu sha‟ makanan pokok pada hari raya Idul Fitri diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah untuk dirinya, keluarganya dan orang lain yang menjadi tanggungannya baik orang dewasa, anak kecil, laki-laki maupun perempuan.

Berikut niat yang bisa dibacakan saat membayarkan zakat : Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga : Nawaitu an’ukhrija zakaatalfithri ‘annii wa’anjamii’i maa yalza

Yuk, jangan tunda zakatmu. Semakin cepat zakatmu terlaksana, semakin banyak juga penerima manfaatnya