Bayar Zakat

Haii Sahabat,
Apakah Anda Punya Unit Usaha ?

Cukup 2,5% dari hartamu, bantu mereka yang kurang mampu

Apa Itu Zakat Perdagangan ?

Zakat perdagangan adalah kewajiban zakat yang dikenakan pada modal usaha dan keuntungan dari kegiatan perdagangan. Kewajiban zakat ini berlaku jika nilai kekayaan yang dimiliki perniagaan telah mencapai nisab (batas minimum) setelah dikurangi utang dan kebutuhan pokok. Zakat perdagangan umumnya dihitung sebagai 2,5% dari nilai kekayaan bersih perniagaan dan bertujuan untuk mendistribusikan kekayaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Zakat perdagangan adalah salah satu bentuk amal dalam Islam yang membantu mengurangi ketidaksetaraan ekonomi dan memperkuat tali kebersamaan dalam komunitas.

 

Pertanyaan Seputar Zakat Penghasilan

  • Aset perniagaan seperti bangunan, mesin produksi, mobil operasional, dan lain-lain tidak terkena kewajiban zakat.
  • Harta perniagaan bisa berupa barang yang akan ia jual atau sewakan dan uang yang ia dapatkan dari perdagangan yang ia lakukan.
  • Usaha tersebut telah berjalan selama 1 tahun
  • Berlaku untuk perdagangan secara individu atau badan usaha ( CV, PT, koperasi)
  • Bebas dari hutang

Rumus untuk menghitung zakat perdagangan adalah sebagai berikut:

Zakat Perdagangan = 2,5%  (Total Aset Perniagaan - Total Utang Perniagaan)

  • Total Aset Perniagaan adalah jumlah semua aset perniagaan, termasuk uang tunai, stok barang, piutang, dan investasi.
  • Total Utang Perniagaan adalah total utang yang harus dibayar oleh perniagaan.


Pastikan bahwa (Total Aset Perniagaan - Total Utang Perniagaan) mencapai atau melebihi nisab yang telah ditetapkan sebelum menghitung zakat. Rumus di atas memberikan persentase 2,5% dari nilai kekayaan bersih perniagaan yang menjadi jumlah zakat yang harus dibayarkan.

Contoh Perhitungan:
Bapak Andri  memiliki aset usaha senilai Rp 200.000.000 dengan hutang jangka pendek senilai Rp 50.000.000. Jika harga emas saat ini Rp 903.000/gram, maka nisab zakat adalah senilai Rp 76.755.000. Dari perhitungan ini, dapat kita simpulkan bahwa Bapak Andri  SUDAH WAJIB ZAKAT atas usaha berdagangnya.
Sehingga , Zakat perdagangan yang perlu Bapak Andri bayarkan dapat dihitung sebagai berikut :  2,5% x (Rp 200.000.000 – Rp 50.000.000) = Rp 3.750.000.

Kenapa Harus Melalui Kami?

Sejak tahun 2016 Yayasan Alfatihah telah hadir untuk menjadi jembatan kebaikan umat. Sistem yang transparan dan akuntable menjadi keunggulan dari seluruh program yang dihadirkan. Donatur seluruh program akan mendapatkan laporan update program, dokumentasi penyaluran sesuai akad, dan penyaluran yang tepat untuk 8 asnaf adalah hal yang akan dirasakan oleh donatur yang beramal melalui program Yayasan Alfatihah.. Hingga saat ini sudah lebih dari 1000 penerima manfaat. Donatur juga telah ikut memajukan perekonomian bangsa dan akan didoakan oleh para santri penghafal Quran serta ratusan anak yatim binaan Alfatihah.

Sesuai Akad

Akad Yang Baik Harus DIsediakan Wadah Yang Sesuai Juga Sah

Terpercaya

Semua Menjadi Lebih Baik Dengan Kepercayaan & Kejujuran Bersama

Resmi

Legalitas Merupakan Acuan Dasar Untuk Kami Tetap Eksis Bagi Umat

Akuntable

Pembukuan Jelas Serta Penghitungan Akurat Menjadi Komitmen Kami

Yuk, jangan tunda zakatmu. Semakin cepat zakatmu terlaksana, semakin banyak juga penerima manfaatnya